Audi Q5
http://reviewmobilaudi.blogspot.com/2014/04/audi-q5.html
Menguji sebuah SUV bisa dilakukan banyak cara. Untuk SUV mewah terbaru Audi ini, kami pun memilih untuk membawanya ke kawasan Pelabuhan Ratu, Sukabumi.
Di dalam Q5, perjalanan menuju tempat tujuan cukup menyenangkan. Terutama karena rute yang kami lalui memiliki tipe jalan yang menantang. Mulai dari tol Jagorawi yang menuntut kecepatan tinggi, hingga jalan berliku dan naik-turun yang menuntut kestabilan tinggi.
Di jalan tol, Q5 menunjukkan performanya. Walau ‘hanya’ bertenaga 211 dk, tapi turbocharger-nya sudah mulai menyalak saat melewati putaran mesin 1.500 rpm. Itu sebabnya Q5 dengan mudah mendahului kendaraan di depan.
Turbonya memang memberikan tenaga instan di putaran mesin menengah, namun ketika putaran mesin masih berada di bawah 1.500 rpm, pedal gas harus diinjak lebih dalam untuk membuatnya melaju. Hal ini kami rasakan sekeluar dari jalan tol.
Audi Q5 sudah dilengkapi sistem Audi Drive Select untuk mengatur transmisi, suspensi dan kemudi. Saat melewati jalan bergelombang, Q5 terasa goyah dan tidak nyaman. Ternyata kami lupa mengganti setting ADS dari Dynamic ke Comfort. Seketika Q5 langsung menyesuaikan dengan kondisi jalan.
Bila Anda pernah bertandang ke daerah Pelabuhan Ratu, tentu bisa membayangkan rute perjalanan kami. Hampir tidak ada jalan lurus yang panjang, semua berliku dan naik-turun, belum lagi jalan yang sempit. Tetapi semua itu bisa dilahap Q5 dengan mudah, seolah tak pernah kehilangan tenaga.
Transmisi kopling ganda 7-speed S-Tronic-nya juga sangat pintar dan dengan cepat memilih gear yang sesuai. Kami sempat mencoba menggunakan mode manual saat melewati jalan berliku yang penuh tanjakan dan turunan. Cukup menggeser tuas transmisi ke kiri pada posisi M lalu gunakan paddleshift.
Kami menyusuri jalan dari Pelabuhan Ratu menuju Cisolok di malam hari. Beruntung Q5 dilengkapi headlamp Xenon Plus untuk menerangi jalan yang hampir tidak ada penerangnya. Kami pun memainkan tuas di balik kemudi untuk mengganti gear.
Terus terang, kami mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi antara kemudi, lampu dan perpindahan gear. Dan harus kami akui, bahwa transmisi milik Audi ini memang pintar. Seolah-olah mampu membaca kondisi jalan 3 meter ke depan untuk mengganti gigi sesuai dengan jalan. Apakah menanjak atau menurun, Q5 tidak pernah kehilangan tenaga.
Dan bukan kebetulan kalau perpindahan gigi ini selalu tertera pada layar on-board computer. Di situ selalu terlihat perpindahan gigi selalu berpindah tanpa terasa perpindahannya. Salut untuk Audi atas transmisi pintarnya.
Akomodasi Q5 cukup nyaman, rombongan kami terdiri dari 4 orang dewasa bisa duduk dengan nyaman di bangku belakang yang memiliki ruang kaki sangat memadai. Cup holder pun tersedia untuk setiap bangku, bahkan bangku belakang terdapat cup holder pada armrest tengah.
Sementara ruang bagasi cukup luas untuk menampung barang bawaan. Bagasi pun sudah dilengkapi dengan tombol otomatis penutup pintu yang dapat diatur ketinggiannya. [Arief Junor]
Di dalam Q5, perjalanan menuju tempat tujuan cukup menyenangkan. Terutama karena rute yang kami lalui memiliki tipe jalan yang menantang. Mulai dari tol Jagorawi yang menuntut kecepatan tinggi, hingga jalan berliku dan naik-turun yang menuntut kestabilan tinggi.
Di jalan tol, Q5 menunjukkan performanya. Walau ‘hanya’ bertenaga 211 dk, tapi turbocharger-nya sudah mulai menyalak saat melewati putaran mesin 1.500 rpm. Itu sebabnya Q5 dengan mudah mendahului kendaraan di depan.
Turbonya memang memberikan tenaga instan di putaran mesin menengah, namun ketika putaran mesin masih berada di bawah 1.500 rpm, pedal gas harus diinjak lebih dalam untuk membuatnya melaju. Hal ini kami rasakan sekeluar dari jalan tol.
Audi Q5 sudah dilengkapi sistem Audi Drive Select untuk mengatur transmisi, suspensi dan kemudi. Saat melewati jalan bergelombang, Q5 terasa goyah dan tidak nyaman. Ternyata kami lupa mengganti setting ADS dari Dynamic ke Comfort. Seketika Q5 langsung menyesuaikan dengan kondisi jalan.
Bila Anda pernah bertandang ke daerah Pelabuhan Ratu, tentu bisa membayangkan rute perjalanan kami. Hampir tidak ada jalan lurus yang panjang, semua berliku dan naik-turun, belum lagi jalan yang sempit. Tetapi semua itu bisa dilahap Q5 dengan mudah, seolah tak pernah kehilangan tenaga.
Transmisi kopling ganda 7-speed S-Tronic-nya juga sangat pintar dan dengan cepat memilih gear yang sesuai. Kami sempat mencoba menggunakan mode manual saat melewati jalan berliku yang penuh tanjakan dan turunan. Cukup menggeser tuas transmisi ke kiri pada posisi M lalu gunakan paddleshift.
Kami menyusuri jalan dari Pelabuhan Ratu menuju Cisolok di malam hari. Beruntung Q5 dilengkapi headlamp Xenon Plus untuk menerangi jalan yang hampir tidak ada penerangnya. Kami pun memainkan tuas di balik kemudi untuk mengganti gear.
Terus terang, kami mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi antara kemudi, lampu dan perpindahan gear. Dan harus kami akui, bahwa transmisi milik Audi ini memang pintar. Seolah-olah mampu membaca kondisi jalan 3 meter ke depan untuk mengganti gigi sesuai dengan jalan. Apakah menanjak atau menurun, Q5 tidak pernah kehilangan tenaga.
Dan bukan kebetulan kalau perpindahan gigi ini selalu tertera pada layar on-board computer. Di situ selalu terlihat perpindahan gigi selalu berpindah tanpa terasa perpindahannya. Salut untuk Audi atas transmisi pintarnya.
Akomodasi Q5 cukup nyaman, rombongan kami terdiri dari 4 orang dewasa bisa duduk dengan nyaman di bangku belakang yang memiliki ruang kaki sangat memadai. Cup holder pun tersedia untuk setiap bangku, bahkan bangku belakang terdapat cup holder pada armrest tengah.
Sementara ruang bagasi cukup luas untuk menampung barang bawaan. Bagasi pun sudah dilengkapi dengan tombol otomatis penutup pintu yang dapat diatur ketinggiannya. [Arief Junor]
Audi Q5 Panjang/wheelbase: 4.629 mm/2.807 mm Lebar/tinggi: 2.089 mm x 1.653 mm Mesin/kapasitas: 4 silinder inline/1.984 cc turbo Tenaga maksimum: 211 dk/6.000 rpm Torsi maksimum: 350 Nm/1.500 rpm Transmisi: 7-speed S-Tronic/AWD Kapasitas tangki/ban serep: 75 liter/space saver Bobot: 1.740 kg Harga: Rp 920 juta 0-100 km/jam: 9,84 detik 0-60 km/jam: 4,51 detik 60-80 km/jam: 2,38 detik* 80-100 km/jam: 2,95 detik* 100-120 km/jam: 4,05 detik* Konsumsi bbm tol/dalam kota: 13,0/9,1 km/l |
First opinion Perjalanan ini dapat membuktikan kemampuan Audi Q5 melewati rute jalan yang menantang, seperti perbukitan dan jalan yang tidak rata, berkat Audi Drive Select. Saat-saat tertentu di dalam Q5, Anda akan lupa sedang berada di dalam sebuah SUV. Its very fun. |
Rival BMW X3 xDrive 25i Mesin: 2.497 cc 6 silinder, 218 dk Torsi maksimum: 250 Nm 0-100 km/jam: 8,9 detik (klaim) Harga: Rp 799 juta (off the road) (+): Harga lebih murah, akselerasi lebih kencang
(-): Torsi lebih kecil, transmisi 6-speed
|